Mengatasi Osteoporosis Dengan Upaya Mandiri

3:28 AM 0 Comments

osteoporosis, tulang, penyakit tulang

Hai sobat pembaca, berbicara tentang penyakit tulang, tentu tidak akan lepas dari penyakit osteorporosis, osteoporosis sendiri adalah pengeroposan tulang dikarenakan pori-pori tulang membesar, jadi katika jatuh atau terjadi benturan maka tulang menjadi mudah patah, atau disebabkan tulang kehilangan mineral sehingga tulang menjadi lemah dan rapu secara perlahan.

Tidak ada gejala yang khusus dari penyakit ini hanya biasanya penderita merasa pegal terus menerus tanpa sebab yang jelas. Penyakit ini umumnya sering dialami oleh kaum perempuan pada masa menopause.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa pengroposan tulang akibat kekurangan kalsium sehingga pencegahan dan pengobatannya yaitu dengan menambah kalsium. Penambahan kalsium sendiri hanya akan bermanfaat apabila di dalam tubuh cukup tersedia fosfor (P) jika tidak kelebihan kalsium di dalam tubuh akan menjadi racun.

Penyakit ini biasanya menyerang daerah pinggul. Penyebab dari penyakit ini kebanyakan karena kekurangan zat kalsium. Juga faktor keturunan atau genetika, karena usia, kekurangan protein, kekurangan vitamin A, C dan D, metabolisme tubuh, cacat bawaan, puber aktif, menopause, stroke dan penyakit diabetes.

Sering-seringklah mengkonsumsi biji-bijian, jus nanas, minum teh, sayur kucai, hapermut. Lalu kemudian hindari kopi, kebiasaan merokok, minuman keras, coklat, kacang tanah gorang, daging asap, keju, kismis, es krim dan yogurt. Yang sama pentingnya yaitu latihan atau gerak badan sebagai upaya mandiri yang mudah dilakukan untuk mencegah penyakit keropos tulang.

Olahraga yang baik untuk mempertahankan atau meningkatkan keadaan tulang adalah olahraga yang bersifat peregangan. Seperti jogging, berenang, bersepeda, basket, dan lompat tali. Olehraga dilakukan seminggu tiga kali.

Bisa juga dengan dimassage/pijat seminggu sekali sirkulasi darah jadi lancar, tulang jadi kuat dan keras, rasa pegal-pegal hilang, badan terasa nyaman, hangat, segar dan badan jadi sehat

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: