Kenapa Anda Harus Menjaga Kebersihan di Tempat Gym ? Ini Alasannya

2:03 PM 0 Comments

gym


Tempat olahraga, atau gym, sampai saat ini masih menjadi favorit sebagian orang untuk berolahraga, namun pernahkan terpikir dibenak anda ada berapa banyak anda terpajan pada kuman ketika menggunakan peralatan disana.

Penelitian baru-baru ini memperlihatkan rupanya ada banyak jenis jamur yang bisa terangkat dan terbawa pulang dari tempat gym, selain itu beberapa alat ternyata lebih kotor daripada toilet duduk umum.

Fitrated.com, salah satu jejaring profesional yang menyediakan keternagan berbagai macam hal mengenai peralatan kebugaran terkenal kepada konsumen melakukan pemeriksaan pada 27 jenis alat berbeda di 3 pusat kebugaran di amerika serikat.

Pada pemeriksaan tersebut, tingkat bakteri ditentukan berdasarkan unit pembentukan-koloni (CFU), satu unit mikrobiologi yang digunakan untuk memperkirakan jumlah bakteri yang ada atau sel jamur di satu sampel. Beberapa peralatan yang terbukti dipenuhi kuman lebih dari satu juta CFU antara lain adalah treadmill, sepeda olahraga, dan barbel.

Hasil penelitian mengatakan rata-rata sepeda olahraga 39 kali lebih kotor daripada nampan kafetaria, lalu bakteri pada treadmill 74 kali lebih banyak dibandingkan keran kamar mandi umum. Dan barbel yang parah, bakteri pada barbel 382 kali lebih banyak daripada toilet umum.

Karena itu jika anda termasuk hobi berolahraga di pusat kebugaran hendaknya jaga kebersihan anda setelah berolahraga.

Seorang staf kerja di pusat kebugaran Los Angeles mengatakan “kami memang menyediakan pembersih tangan dan kain lap di sini, sebagian orang menggunakan itu tapi sebagian lagi tidak. Setiap tempat yang didatangi orang mungkin memiliki bakteri dan jamur.

Selain itu bak air panas umum di tempat olahraga hendaknya juga dihindari, sebab bak air panas memiliki resiko tinggi menularkan infeksi sangat umu yang dinamakan hot tub folliculitis.


Kemudian, sebaiknya jangan pernah melepas alas kaki di ruang penyimpanan, karena sangat berpotensi dalam menularkan bakteri, jamur dan virus.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: