Berhati - Hatilah Mengkonsumsi Sayuran Mentah

8:50 PM 0 Comments

sayur mentah, bahaya sayur mentah

Memiliki kebiasaan mengonsumsi sayuran mentah? Mungkin dari sekarang Anda mesti berhati-hati. Bukan karena mengonsumsi sayuran mentah itu salah, tetapi kebiasaan mencuci sayuran sebelum dikonsumsi tidak boleh dilupakan!

Sayuran yang dijual di supermarket tidak menjamin Anda terbebas dari bakteri yang terkandung di dalamnya. Bahkan, bisa dikatakan sayuran tersebut masih mengandung pestisida maupun bakteri jahat seperti E.Coli maupun Salmonella.

Dua bakteri tersebut memang cukup familiar di telinga Anda. Tapi, tahukan Anda kalau ada bakteri lain yang mungkin masih menempel di sayuran yang dianggap segar tersebut. Adalah bakteri Listeria.

Bakteri ini merupakan salah satu bakteri paling mematikan yang menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh makanan dan sempat menjadi kasus besar membunuh sekitar 200 orang dalam setahun.

Begitu masuk ke dalam tubuh, Listeria berjalan melalui saluran pencernaan dan terbawa ke aliran darah di mana bakteri ini akan menghasilkan racun yang merusak sel.

Yang berbahaya dari bakteri ini adalah tidak adanya gejala. Jadi, tubuh Anda akan merasa baik-baik saja, padahal sedang dalam infeksi bakteri Listeria. Bakteri ini memanifestasikan dirinya dalam gejala seperti sakit kepala, kekakuan, demam, dan nyeri otot. Bahkan pada beberapa orang, mereka sampai mengalami ketidaksadaran diri. Sampai akhirnya kontaminasi bakteri pun terjadi.

Makanya, sangat disarankan untuk siapapun yang rutin mengonsumsi sayuran, segera mencuci sayuran yang baru Anda beli. Tidak hanya itu, menjaganya dalam kondisi segar di suhu yang tepat juga penting agar apa yang bakal Anda makan itu menjadi manfaat bukannya malah menjadi racun di tubuh Anda.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: