Ternyata Ayam Geprek Sudah Ada Sejak 2013

8:38 PM 0 Comments

SUGUHAN ayam goreng tepung dengan bubuhan sambal ekstra pedas beberapa waktu belakangan tengah jadi kuliner buruan foodies.

Kepopulerannya semakin melesat, padahal sebenarnya tren ayam geprek sudah ada sejak 2013 dan berawal dari sebuah restoran di Kota Pelajar, Yogyakarta.

Ayam geprek sendiri merupakan ayam goreng ala Amerika yang dimasak dengan lapisan tepung renyah, inovasinya terletak pada penggunaan sambal uleg khas Indonesia yang dibubuhi sebagai pelengkap. Hidangan ini ternyata sukses menghipnotis banyak orang lewat rasanya.

ayam geprek


Alhasil saat ini banyak bisnis kuliner yang menyuguhkan ayam geprek sebagai menu utama.

Adalah restoran Quick Chicken yang pertama kali memperkenalkan ayam geprek, namanya American penyet. Bedi Zubaedi selaku pemilik restoran mengatakan menu American penyet sudah ada sejak 2013 lalu dan berawal di Yogyakarta.

"Produknya banyak, ada friend chicken, chicken strip, spagheti, burger dan lainnya. Tapi di 2013 kita launching American penyet, itu fried chicken dikasih sambal penyet," kata Bedi saat ditemui Okezone di Jakarta baru-baru ini.

Lebih lanjut Bedi mengatakan saat ini produknya banyak ditiru bahkan oleh brand restoran berskala internasional.

"Enggak usah sebut nama, brand Internasional sekarang juga ada yang meniru. Sementara anak-anak kreatif membuka UKM dengan mengganti namanya jadi ayam geprek. Sekarang sudah sangat populer ada di mana-mana," lanjut pria ramah yang memulai bisnis kulinernya sejak tahun 2000 ini.

Ayam geprek suguhan resto ini terbilang unik karena memadukan masakan tradisional dengan masakan modern.

"Konsepnya ayam goreng Amerika tapi cita rasanya Indonesia. Apalagi semua bahan yang dipakai bahan lokal mulai dari ayam, bumbu sampai sambalnya," tambah Bedi.

Berawal dari satu store di Yogyakarta, kini restoran ini sudah memiliki kurang lebih 300 cabang di seluruh Indonesia. Puncaknya, resto ini berhasil menyabet rekor MURI sebagai restoran yang membuka 50 cabang secara serentak di seluruh Indonesia antara lain di Serang, Sulawesi, Yogyakarta, Semarang, Kebumen, Depok dan Purwokerto.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: