Cara Mencuci Buah Dengan Benar

8:57 AM 0 Comments



Siapa yang tidak suka makan buah-buahan ? sebagian orang sangat menyukai makanan yang penuh gizi ini, dari anak-anak hingga orang dewasa, namun sebelum memakan buah apapun yang anda beli, sebaiknya dicuci terlebih dahulu dibawah air mengalir untuk membasmi kotoran dan bakteri.

Tapi rupanya tidak semua bakteri dapat dihilangkan dengan cara mencuci dibawah air mengalir. Terkadang kandungan pestisida masih ada di buah walaupun sudah dicuci dengan berbagai cara.

Menanggapi hal tersebut beberapa peneliti mengungkapkan cara yang tepat untuk mencuci buah buahan. Menurut para peneliti dari University of Massachusetts ini ada 3 cara ampuh mencuci buah buahan agar terhindar dari pestisida berbahaya

Metode Pertama

Dengan menggunakan air keran, menggunakan air keran untuk mencuci bahan makanan sudah direkomendasikan oleh FDA

Metode Kedua

Dengan menggunakan larutan pemutih, namun larutan pemutih yang dimaksud adalah yang telah diverifikasi oleh environmental protection agency.

Metode Ketiga

Dengan menggunakan larutan baking soda (NaHCO3 atau sodiom bicarbonate)

Dari ketiga metode diatas cara yang paling efektif adalah menggunakan larutan baking soda, dengan larutan baking soda maka dua jenis pestisida dapat dihilangkan secara ekstensif. larutan baking soda mampu menghapus semua residu pestisida dari permukaan kulit buah-buahan, selain prosesnya juga termasuk cepat yaitu sekitar 12 - 15 menit.


Metode mencuci buah dengan baking soda memang efektif untuk menghilangkan residu pada permukaan buah, namun para peneliti juga memperingatkan bahwa residu pestisida kemungkinan juga masih ada karena meresap kedalam kulit buah. Hasil laboratorium mengatakan 20% thiabendazole dan 4,4% phosmet kemungkinan mampu menembus masuk kedalam kulit buah.


Melihat fakta tersebut maka muncul metode keempat agar buah lebih aman untuk dimakan, yaitu dengan mengupas kulit buah, dengan mengupas kulitnya maka zat pestisida yang sudah masuk kedalam kulit juga hilang.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: