Sejarah Singkat Kacamata

1:56 AM 0 Comments

kacamata, glasses


Hai Sobat Molcocn.com, kali ini saya mau bercerita tentang sejarah singkat kacamata, tentunya kalian sudah tahu apa itu kacamata, kacamata rupanya sudah digunakan sejak 1000 tahun yang lalu oleh bangsa cina lo.

Pada waktu itu bangsa cina menggunakan kacamata sebagai jimat atau bisa juga sebagai aksesori untuk meningkatkan kehormatan.

Bahan lensanya juga bukan dari kaca, tetapi dari kristal batu yang berbentuk oval besar dan bingkai tempurung kura-kura.

Agar kacamata dapat dipasang, mereka menggunakan dua kawat yang diberi pemberat kemudian di kaitkan ke telinga. Selain itu ada juga yang memasang lenca dengan cara diikatkan ke topi atau menggunakan kait yang dicantolkan kepelipis.

Bangsa eropa mulai mengenal kacamata pada abad ke-13, berbeda dengan bangsa cina yang menggunakan kacamata sebagai aksesoris dan peningkat kehormatan, bangsa eropa menggunakan kacamata sebagai pembantu penglihatan. Untuk bahannya masih sama dengan bangsa cina, yaitu dari kristal batu atau batu transparan.

Akhirnya pada akhir abad ke tiga belas penggunaan lensa kacamata mulai memakai kaca karena dianggap lebih baik dibandingkan dengan menggunakan batu transparan. Penggunaan kaca untuk lensa kacamata ini ditemukan oleh Sir Joseph Needham, seorang peneliti, ilmuwan. dan sejarawan inggris.

Dari penelitian Sir Joseph inilah diketahui jika kacamata sudah ditemukan sejak 1.000 tahun lalu di cina, kemudian menyebar keseluruh dunia pada zaman kedatangan marco polo pada tahun 1270.

Kacamata Bifokal atau kacamata yang dapat membantu melihat jarak jauh maupun jarak dekat ditemukan pada tahun 1784 oleh seorang ilmuwan Amerikan bernama Benjamin Franklin.


Sekarang, kacamata telah banyak berkembang, selain digunakan sebagai alat bantu penglihatan, juga ada kacamata untuk melihat tontonan 3D, atau aksesori dengan berbagai macam gaya

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: