Beginilah Cara Piramida Dibuat

1:52 AM 0 Comments

Piramida, siapa yang tidak kenal dengan bangunan super tinggi yang satu ini ?, bangunan yang sudah berdiri ribuan tahun ini merupakan salah satu dari bagian 7 keajaiban dunia.

Bangunan berbentuk limas ini diperkirakan dibangun menggunakan batu kapur yang bersumber dari tora dan granit dari selatan mesir, diperkirakan waktu yang diperlukan untuk membangun sebuah piramida adalah sekitar 20 tahun. Hingga kini piramida masih berdiri tegak dan menjadi konstruksi buatan manusia tertinggi hingga abad pertengahan.

Menurut para peneliti, piramida terbesar dan sekaligus tertua adalah piramida agung Giza, dengan ketinggian sekitar 146,6 meter. Piramida ini juga disebut dengan Piramida Khufu.

piramida khufu
Piramida Khufu ,,,,,,source : wikipedia

Berdasarkan wikipedia, piramida khufu merupakan bagian utama dari komplek bangunan makam, terdiri dari 2 kuil untuk menghormati khufu. Jadi masih ada piramida lainnya, 3 piramida kecil untuk khufu, dan sebuah piramida satelit yang lebih kecil lagi.

Menurut kabar, salah satu dari piramida kecil tersebut menyimpan makam ratu Hetepheres yang ditemukan pada tahun 1952, adik, dan istri sneferu serta ibu dari khufu. Selain itu juga ditemukan sebuah kota, beberapa toko roti, sebuah pemakaman, komplek peleburan tembaga, dan pabrik bir.

Sejak lama para sejarawan mencari tahu bagaimana caranya orang-orang dengan alat yang bisa dikatakan primitif mengangkut sekitar 800 ton bahan setiap hari yang berjarak cukup jauh, yaitu dari aswan yang jaraknya 500 mil ke selatan.

Sekarang, papirus kuno, perahu dan sistem pengairan telah mengungkapkan kompleksitas infrastruktur yang diciptakan oleh orang-orang Mesir untuk melengkapi struktur piramida, jadi bisa dibilang cetak birunya.

Satu-satunya catatan tangan pertama bagaimana piramida dibangun ada pada sebuah gulungan kuno yang ditulis oleh seorang mandor bernama merer, gulungan tersebut ditemukan di pelabuhan Wadi Al-Jaraf.

Merer mengatakan ribuan buruh mengangkut 170 ribu ton batu kapur sepanjang sungai nil dengan menggunakan perahu kayu, yang disatukan oleh tali. diperkirakan 2,3 juta blok batu kapur diangkut melalui sistem kanal yang sengaja dibuat kepelabuhan pedalamana yang hanya beberapa meter dari dasar piramida, hal ini juga tepat seperti penemuan seorang arkeolog yang juga ahli eygptologi, dia menemukan jalur air yang berabad-abad sudah berada dibawah piramida giza.


Selain itu, para arkeolog juga menemukan perahu yang dirancang khusus untuk khufu, khufu sendiri adalah firaun atau raja mesir kedua dari dinasti keempat yang memerintah mesir sekitar tahu 2609-2584 SM

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: